Bagaimana HPE SimpliVity 380 Membantu PT Bukaka Teknik Utama,Tbk Membangun Indonesia

Berada di jajaran terdepan pengembangan infrastruktur di Indonesia, PT Bukaka Teknik Utama,Tbk (BUKK) terus memacu pertumbuhan dengan mempersiapkan data center yang andal. Pilihan pun jatuh ke HPE SimpliVity 380 yang memberikan performa dan teknologi terdepan.

----

Dengan visi meningkatkan daya saing, saat ini Indonesia terus memacu pembangunan infrastruktur di seluruh penjuru Indonesia. Dalam empat tahun terakhir, Pemerintah Indonesia setidaknya membangun jalan sepanjang 3432 km, jalur kereta api 755 km, serta bandara di 10 lokasi baru.

Sebagai perusahaan konstruksi terkemuka di Indonesia, PT. Bukaka Teknik Utama,Tbk (BUKK)  pun menjadi garda terdepan dalam membantu pemerintah membangun infrastruktur. Salah satu contohnya adalah di pembangunan tol J akarta-Cikampek Elevated, di mana Bukaka dipercaya mengerjakan steel box girder yang menyangga jalan layang tersebut.

Bukaka juga telah membangun 75.000 set Steel Tower untuk mendukung program kelistrikan 35.000 MW. Ditambah keterlibatan di pembangunan jembatan, garbarata, dan proyek infrastruktur lainnya, Bukaka menjadi bagian penting dari mimpi besar bangsa ini.

Seiring melejitnya performa perusahaan, Divisi TI PT Bukaka Teknik Utama,Tbk menyadari pentingnya menyediakan infrastruktur TI yang andal. “Karena saat ini kita memasuki era Industry 4.0, ketika automation di sisi fabrikasi maupun pengelolaan database customer dan supplier memegang peranan penting bagi perusahaan” ungkap Tri Teguh Iman Yulianto (IT Engineer Coordinator, PT Bukaka Teknik Utama,Tbk).

Sederhanakan Infrastruktur

Salah satu tantangan utama Divisi TI Bukaka adalah menyederhanakan infrastruktur TI yang ada saat ini. “Sebelum ini server kita masih silo, jadi satu server fisik untuk satu aplikasi” cerita pria yang akrab dipanggil Tri Teguh ini. Hal ini menimbulkan masalah tersendiri, karena masing-masing server membutuhkan pengelolaan yang rutin serta memiliki lifetime yang berbeda.

Untuk menjawab tantangan itu, Divisi TI Bukaka memutuskan untuk melakukan konsolidasi infrastruktur TI sejak tahun 2015. Sedari awal, Bukaka sudah tertarik dengan solusi hyperconverged. “Karena pendekatan hyperconverged berbasis virtualisasi, sehingga akan menyederhanakan manajemen infrastruktur” ungkap Tri Teguh.

Sebagai informasi, hyperconverged adalah sebuah infrastruktur TI (server, storage, dan network) yang hadir dalam satu kesatuan. Selain itu, hyperconverged juga dirancang dengan pendekatan software-defined. Hal ini membuat hyperconverged memiliki fleksibilitas menjalankan berbagai aplikasi dalam satu lingkungan infrastruktur.

Setelah menimbang solusi hyperconverged yang ada, Bukaka akhirnya menjatuhkan pilihan ke HPE SimpliVity 380. Menurut Tri Teguh, pemilihan ini didasarkan keunggulan Simplivity yang mampu menjawab semua kebutuhan Bukaka. “HPE SimpliVity 380 memiliki fitur seperti deduplication, compression, dan WAN Optimizer yang sangat penting bagi Bukaka” ungkap Tri Teguh.

Tri Teguh mengambil contoh efisiensi storage yang diperoleh Bukaka dengan menggunakan fitur deduplication dan compression dari Simplivity. “Saat ini kami memiliki VM dengan kapasitas 6TB, namun storage yang digunakan hanya sekitar 3TB” ungkap Tri Teguh. Efisiensi semakin terasa karena Bukaka juga menggunakan Simplivity sebagai backup data. “Dedup kita di 39:1, compression di 1,5:1, dan efisiensi di 57:1” ujar Tri Teguh menggambarkan efisiensi yang berhasil dicapai Simplivity, yang berarti 1TB kapasitas Simplivity bisa menampung data yang seharusnya berukuran  57TB.

Keterangan gambar:

Memanfaatkan fitur deduplication dan compression dari HPE Simplivity 380, Bukaka Teknik Utama, Tbk (BUKK) berhasil mendapatkan efisiensi storage sampai 57,1:1 ( yang berarti 1TB kapasitas Simplivity bisa menampung data yang seharusnya berukuran  57TB).

Fitur lain yang tak kalah penting adalah WAN Optimizer. Saat ini Bukaka memiliki infrastruktur TI utama di kantor pusat Cileungsi (Bogor) dengan backup di daerah Kuningan (Jakarta). Setiap 4 jam, sistem akan melakukan replikasi data dari server utama ke server backup. Karena Simplivity memiliki WAN Optimizer, Teguh mengaku proses backup bisa berlangsung mulus cukup dengan jaringan ber-bandwidth 3Mbps. “Jadi sebelum dikirim, data sudah dikompresi dulu menggunakan WAN Optimizer” ungkap Tri Teguh.

Yang menarik, seluruh fitur tersebut bisa langsung digunakan Bukaka tanpa perlu membayar lisensi tambahan.

Siap Melesat

Di luar fitur tersebut, faktor performa tentu saja menjadi perhatian utama Bukaka dalam memilih infrastruktur TI-nya. Saat ini Bukaka menggunakan HPE Simplivity 380 yang menggunakan all-flash storage. “Setelah menggunakan HPE Simplivity 380, kami mengalami peningkatan performa sampai 80% dibanding infrastruktur lama” ucap pria ramah ini. Peningkatan performa ini terjadi meski sistem sebenarnya melakukan proses deduplication dan compression secara on the fly.

Keterangan gambar:

“Setelah menggunakan HPE Simplivity 380, kami mengalami peningkatan performa sampai 80% dibanding infrastruktur lama” (Tri Teguh Iman Yulianto (IT Engineer Coordinator, PT Bukaka Teknik Utama,Tbk)

 

Data center Bukaka pun kini jauh lebih efisien. Data center yang sebelumnya membutuhkan server 4U sampai 7U, kini hanya butuh 2U. Biaya listrik dan pendingin otomatis juga jauh menurun. “Kami saat ini berencana memperkecil ruangan data center agar lebih efisien” tambah Tri Teguh.

Keuntungan lain yang tak kalah krusial adalah peningkatan produktivitas SDM. Sebelumnya, tim TI Bukaka harus mengelola data center menggunakan beberapa tools berbeda. Setelah menggunakan HPE Simplivity, pengelolaan data center cukup menggunakan software VMWare vCenter. Peran tim TI kini juga lebih teratur, sehingga dapat lebih aktif dalam mendukung kebutuhan bisnis.

Apalagi implementasi HPE SimpliVity 380 di Bukaka dilakukan oleh Duta Pratama Teknologi (DPT), salah satu partner HPE di Indonesia. Sejak awal, DPT memiliki komitmen memberikan layanan purna jual terbaik bagi pelanggannya. Hal ini ditunjukkan dengan tim teknis yang telah mengantongi sertifikasi resmi dari HPE serta support yang mencakup 24/7.

Tak heran jika PT Bukaka Teknik Utama, Tbk (BUKK) semakin mempercayakan HPE SimpliVity 380 di infrastruktur mereka. Contohnya salah satu kantor cabang di Balikpapan juga akan menggunakan HPE SimpliVity 380. Selain itu, tim TI Bukaka juga memiliki rencana mengkonsolidasikan Aplikasi ERP dari berbagai business unit ke dalam satu lingkungan VM. “Jadi pengelolaannya semakin mudah lagi” tambah Tri Teguh.

Dengan kian lincahnya infrastruktur TI mereka, PT Bukaka Teknik Utama,Tbk pun semakin siap mendukung mimpi Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan daya saing bangsa lewat infrastruktur.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan solusi terbaik dan penawaran harga spesial dari Duta Pratama Teknologi, dapat mengunjungi website resmi di www.dp-teknologi-solution.com.

 

Other Blog

Bagaimana HPE SimpliVity 380 Membantu PT Bukaka Teknik Utama,Tbk Membangun Indonesia

Sebagai perusahaan konstruksi terkemuka di Indonesia, PT. Bukaka Teknik Utama,Tbk (BUKK) pun menjadi garda terdepan dalam membantu pemerintah membangun infrastruktur. Salah satu contohnya adalah di pembangunan tol Jakarta-Cikampek Elevated, di mana Bukaka dipercaya mengerjakan steel box girder yang menyangga jalan layang tersebut

Read More

Bagaimana Melindungi Data dari Bencana

Akhir-akhir ini Indonesia mengalami beberapa bencana alam, mulai dari Palu, Lampung hingga Banten. Bencana alam yang terjadi secara tiba-tiba, tidak dapat dihindari oleh sebuah perusahaan, yang berdampak pada proses kerja dan proses bisnis

Read More

HPE Nimble Storage dapat Menjaga Keberlangsungan Bisnis

Pada storage lain, kapasitas baru tersebut tetap dikelola controller yang ada, sehingga terjadi bottleneck dan penurunan performa.

Read More